Media Have Fun, Jakarta- Untuk kalian yang suka baca artikel tentang Jakarta Osoji Club (JOC), pasti sudah pada tahu dong JOC itu komunitas apa, hehe.. Yup, seperti yang kita tahu, JOC adalah sebuah komunitas yang peduli dengan kebersihan, dan melakukan aktifitas di area Jakarta, dengan kegiatan rutin yang biasa dilakukan dua minggu sekali, bersama slogan mereka yang terkenal “Malu Buang Sampah Sembarangan”, di tahun 2017 ini, JOC sudah memasuki tahun ke enam sejak dibentuk pada tahun 2012. Mengenai komunitas JOC, silahkan dilihat disini Info Jakarta Osoji Club . Nah, tahun kemarin di 2016, JOC sempat kedatangan teman-teman dari Universitas Aoyama Tokyo Jepang lho, mereka yang tahun kemarin datang itu adalah Kiichi, Takumi, Mayu, Ran, Yu, Madoka, Eri dan Rio. Dengan total delapan orang, mereka adalah para relawan yang datang ke Jakarta dengan sebuah misi project. Relawan dari Universitas Aoyama disebut dengan Aoyama Gakuin Volunteer Station yang disingkat menjadi AGUVS. Di tahun kemarin, teman-teman mempunyai project perihal pendidikan Sekolah Dasar di Jakarta, dan project mereka sukses dengan pendampingan dari teman-teman relawan JOC. Mengenai cerita teman-teman AGUVS di Jakarta tahun kemarin, bisa dilihat disini Cerita AGUVS 2016 . 

~~~~~~~~

Untuk tahun ini, teman-teman AGUVS yang datang hanya berjumlah empat orang, plus satu orang Koordinator mereka dari Jepang. Mereka yang tahun ini datang ke Jakarta adalah Ryo, Erin, Ran, dan Sayaka, dan Koordinator mereka Sato. Ada satu orang, yang tahun kemarin juga datang yaitu Ran. Mereka pun mempunyai project dengan kedatangan mereka di Jakarta. Project mereka antara lain, ingin mempelajari lebih dalam mengenai sistem pendidikan di Jakarta, juga mengenai masalah sampah di Jakarta. Bersama-sama dengan didampingi teman-teman relawan dari JOC, sejak tanggal 13 Agustus hingga 20 Agustus, mereka melakukan serangkaian kegiatan yang berhubungan dengan project mereka, Waktu mereka berada di Jakarta sangat pendek, yaitu hanya dalam waktu satu minggu saja. Mengenai cerita dan foto-foto teman-teman AGUVS bisa dilihat disini Cerita AGUVS 2017

Ini adalah foto saat teman-teman AGUVS tiba pada hari pertama di Jakarta, bersama teman-teman relawan JOC

Berikut adalah, beberapa foto yang diambil pada hari terakhir teman-teman AGUVS di Jakarta

Teman-teman AGUVS sedang bercerita kesan mereka tentang Jakarta
Bersama Ketua JOC, Teman-teman AGUVS diberikan kenang-kenangan berupa kaos JOC

Saat hari terakhir, teman-teman relawan JOC dan AGUVS berkumpul bersama. Mereka saling bercerita tentang kesan-kesan satu sama lain, dan saling memberikan kenang-kenangan. Teman-teman AGUVS memberikan sebuah surat handcraft untuk teman-teman JOC, didalam surat tersebut, ditulis tangan oleh Ran, Sayaka, Erin dan Ryo. Tentang kesan-kesan mereka selama berada di Jakarta, dan mengenai project mereka di Jakarta, mereka sangat berterima kasih karena teman-teman JOC telah menemani mereka selama di Jakarta. Saat berbincang-bincang dengan teman-teman AGUVS, mereka menceritakan bahwa kondisi di Jepang terdengar agak menyeramkan, dengan berbahasa Inggris campur sedikit bahasa Jepang mereka bercerita bahwa orang-orang Jepang sangat suka bekerja, dan banyak sekali kasus Jisatsu atau bunuh diri di Jepang, karena berbagai tekanan hidup. di hari Minggu, sangat jarang sekali orang yang keluar rumah. Saat mereka melihat suasana CFD Jakarta, mereka sangat terkejut, bahwa orang-orang Jakarta sangat terlihat menikmati hidup, walaupun ramai, mereka kelihatan sangat santai dan bersenang-senang. Mereka pun juga berharap, jika ada teman-teman nanti yang datang ke Jepang, agar kita sebagai orang Indonesia bisa memperlihatkan kepada sebagian orang-orang Jepang yang kita temui, bahwa sangatlah penting untuk menikmati hidup. Kita sebagai orang Indonesia tentu sangat berharap bisa saling membantu untuk perubahan yang lebih baik bukan,, semoga hubungan baik seperti ini dapat terus terjalin antar kedua bangsa (Indonesia dan Jepang).

Surat dari teman-teman AGUVS untuk teman-teman JOC

 

Foto : JOC

(Mei)

Komentar

BACA ARTIKEL LAINNYA