Media Have Fun, Jakarta- Hi Partner, kali ini kita akan interview seorang kreator asli Indonesia lagi nih~

Namanya kak Maulana Faris, Yap~ Beliau adalah Penulis Novel & Pembuat komik. Beliau ini sudah cukup dikenal di kalangan masyarakat Indonesia loh. Karya nya juga sudah banyak ada di media baca Online. Selain kegiatan menulis dan membuat komik, pada penasarankan kegiatan lain dari kak Maulana Faris ini ngapain aja sih sehari-harinya.. Yuk diintip hasil wawancara nya..  😀


 Biodata

Nama  Asli/Pen Name : Maulana Faris

Tempat, dan tanggal lahir : Jember, 27 Juli 1991

Makanan Kesukaan : Ifu mie Jawa Timur, Cap Cay


Q1: Halo Kak Maulana Faris,saya panggil Kak Faris aja boleh ya.. 😀

sekarang lagi sibuk apa nih selain menjadi penulis dan membuat komik?

A1: Halo! Sebagian waktuku habis buat ngomik novel dan dan kerjaan kantor. Iya, selain komik dan novel saya seorang statistisi pemerintah. Jadi memelajari model statistik untuk analisa sensus dan survei yang dilakukan pemerintah. Di luar itu saya menghabiskan waktu untuk hobi seperti merusak telinga orang dengan bernyanyi karaokean, nonton youtube, nonton, olahraga, dan baca buku.

Q2: Sekarang ini karyanya Kak Faris sudah mencapai berapa banyak?

A2: Berapa ya XD banyak banget meski aku ngerasa mahakaryaku sendiri belum keluar. Tapi untuk di Indonesia bulan Januari ini yang cetak toko buku baru 10 buku. Empat novel dan enam buku komik. Tahun ini bakal banyak buku baru keluar juga, moga kedepannya makin produktif, mohon dukungannya.

Q3: Hal apa yang menjadi inspirasi dalam membuat cerita/komik sehingga bisa membuat begitu banyak cerita?  

A3: Semua hal di sekitar saya dan semua kenangan yang udah saya lalui bareng temen-temen. Untuk teknik penulisan biasanya saya membedah teknik penulisan novel tertentu atau film yang aku suka.

Q4: Apa Kak Faris pernah kehabisan ide, jika pernah bagaimana cara mengatasi nya?

A4: Kehabisan ide sih engga deh, tapi membuat cerita yang lebih berkualitas yang sulit banget dan sering stag. Sebagai penulis pasti kita pengen terus berkembang dan menciptakan karya yang lebih bagus kan? Untuk naik ke level berikutnya biasanya saya meneliti karya-karya yang menurut saya keren. Saya mengadaptasi kemampuan mereka.

Q5: Apakah ada karya paling berkesan dalam pembuatan nya? (jika ada apa alasannya)

A5: 30 Halaman Mencari Cinta. Komik ini menghubungkan saya kepada ribuan pembaca yang belum pernah saya temui dari seluruh negri. Itu perasaan yang amat sangat berharga bagi saya. Terimakasih semuanya!

Q6: Apa alasan Kak Faris bisa tertarik dibidang penulis dan komik ini? Dan kapan memulai serius dibidang ini?

A6: Komik adalah bagian dari hidup saya. Menulis adalah bagian dari komik. Karena udah bagian dari hidup jadi udah keseharian buat berkecimpung di dunia komik dan pembuatan cerita. Saya memulai serius di bidang komik sejak tahun 2011 dengan komik pertama saya Kisah Jahil di Sekolah. Perasaan bahagia pembaca setelah membaca karya saya adalah alasan saya untuk masuk ke dunia komik professional.

Q7: Kak Faris minta tips dong, bagaimana menulis novel supaya menarik dibaca?

A7: Mulailah dengan membuat karya tentang sesuatu yang sedang kamu gelisahkan. Sesuatu yang kamu gelisahkan  biasanya sesuatu yang memiliki perasaan paling kuat. Perasaan itu pasti akan sampai ke hati pembaca. Temen SMA ku pernah bilang, karya yang tercipta dari hati pasti akan sampai ke hati juga.

Q8: Saat ini jika ada yang ingin mengetahui karya Kak Faris bisa dilihat dimana saja?

A8: bisa di page FB facebook.com/farisgallery Atau IG @komikfaris.

Q9:  Menurut Kak Faris, karya anak bangsa sekarang dalam bidang komik dan novel sekarang ini bagaimana?

A9: Saya tidak terlalu mengikuti perkembangan novel di indonesia, tapi kalo komik kelihatannya Indonesia sedang rame-ramenya. Komikus baru yang hebat-hebat terus bermunculan. Kedepannya pasti bakal banyak karya keren yang akan lahir.

Q10: Apa saran Kak Faris untuk para calon komikus dan calon penulis?

A10:  Mulailah hari ini! Buat kalian yang masih pemula, memulai itu bagian tersulit dari menjadi penulis. Kalian pasti punya banyak alasan buat ga mulai, jangan nunggu besok, kalo mau mulai, mulailah dari sekarang.


Itu dia sedikit sesi inteview dengan kak Maulana Faris.. Jangan lupa terus dukung kreator asli Indonesia dengan membeli produknya 🙂 hehe

Ditunggu interview kreator asli Indonesia lainnya ya guys ^^

(STE)

Komentar