Media Have Fun – Pembajakan anime dan barang dagangan anime palsu mungkin sangat merajalela di Asia Tenggara ini, tapi juga terjadi di Jepang. Sebenarnya, Polisi Prefektur Okayama menahan seorang berusia 32 tahun yang menganggur karena banyak menjual ilustrasi palsu. Menurut laporan polisi, tersangka menjual ilustrasi palsu yang ditandatangani yang diduga ditarik dan ditandatangani oleh orang-orang seperti Makoto Shinkai, Hayao Miyazaki, Masashi Kishimoto, dan bahkan almarhum Shigeru Mizuki.


Biasanya, ilustrasi autoin asli terjual puluhan ribu, dan terkadang ratusan ribu yen. Namun, tersangka melelang yang palsu yang ilustrator terkenal dan mangaka konon ditandatangani. Menurut laporan, satu orang dari Prefektur Okayama membeli salah satu dari palsu tersebut seharga 17.000 yen, sementara seorang pria lain dari Aichi membeli satu untuk 7.750 yen.

Diduga, tersangka tersebut menampilkan 279 ilustrasi palsu secara online. Dan ketika polisi menggerebek rumahnya, mereka menemukan lebih banyak ilustrasi palsu dari artis terkenal lainnya. Menurut Sanyo News, Makoto Shinkai sendiri menegaskan bahwa apa yang orang jualnya palsu. Shinkai dilaporkan melihat ilustrasi palsu September lalu, dan kemudian mengumumkannya palsu di blognya.

Pada saat seperti ini, kita harus waspada terhadap apa yang palsu, dan apa yang orisinal. Di sini, di Asia Tenggara, bajakan dan barang dagangan bajakan juga ada dimana-mana, jadi kita harus hati-hati.(SW2/MHF)

Sumber: wowjapan.asia / Sanyo News

Komentar

BACA ARTIKEL LAINNYA