WhatsApp-Image-20160712

 

Di Jakarta, sampah masih merupakan sebuah masalah yang belum terpecahkan, masih banyak pemandangan di pinggir jalan terlihat sampah di buang sembarangan. Sampah juga menjadi salah satu penyebab banjir yang selalu melanda Ibu Kota di kala musim hujan datang.

Ada salah satu komunitas peduli kebersihan di Jakarta, mereka adalah Jakarta Osoji Club. Pendiri nya adalah Bapak Tsuyoshi Ashida, ya betul, beliau adalah orang Jepang. Jakarta Osoji Club dalam pelafalan Jepang dibaca Jakaruta Osoji Kurabu, Osoji disini adalah kosakata bahasa Jepang yang artinya kebersihan. Ashida San (Sebutan sopan dalam bahasa Jepang untuk menyebut nama orang lain ), sudah 18 tahun tinggal di Jakarta. Empat tahun yang lalu pada tahun 2012 ia membentuk komunitas JOC ( Jakarta Osoji Club ), pada awal nya anggota JOC hanya orang-orang Jepang yang tinggal di Jakarta. Tetapi lambat laun banyak masyarakat Jakarta yang mendukung JOC, dan peduli dengan kebersihan Jakarta. JOC sudah seringkali melakukan aksi petik sampah di berbagai event-event besar di Jakarta seperti Ennichisai Matsuri dan Jakarta Japan Matsuri, untuk memberikan contoh atau edukasi kepada masyarakat perihal kebersihan.

Pada hari Minggu kemarin tanggal 10 Juli 2016, JOC melakukan kegiatan petik sampah kembali di Gelora Bung Karno Jakarta, di mulai dari pukul delapan pagi. Selama satu bulan kegiatan rutin libur dikarenakan bulan puasa. Biasa nya 2 minggu sekali JOC selalu rutin petik sampah di GBK ( Gelora Bung Karno ) setiap hari Minggu.

WhatsApp-Image-20160712(1)

Aksi petik sampah JOC di GBK, Minggu 10 Juli 2016

Volunteer yang datang hanya 12 orang, di karenakan libur lebaran sehingga banyak anggota dan volunteer yang masih berada di kampung halaman. Direktur The Japan Foundation Jakarta Bapak Tsukamoto Norihisa juga datang untuk ikut kegiatan petik sampah di GBK 10 Juli 2016 kemarin. Ada 2 orang volunteer yang baru ikut bergabung di kegiatan kemarin.

Para volunteer yang hadir pun di hari itu melakukan foto dengan papan slogan JOC yaitu Malu Buang Sampah Sembarangan, ya seharusnya perasaan malu jika buang sampah sembarangan itu melekat dalam hati setiap warga Jakarta bahkan setiap warga Indonesia. Di kesempatan kegiatan kemarin juga JOC melakukan sharing session yaitu menceritakan pengalaman mereka selama 11 hari di negri Jepang dalam rangka kegiatan JOC Goes to Japan 2 ( a closer look to Japanese Culture of cleanliness ), pada tanggal 18~30 Mei 2016. Di mana selama 11 hari itu beberapa anggota yang ikut serta ke Jepang belajar lebih dekat bagaimana orang-orang Jepang menerapkan kebersihan di negara nya, JOC mengunjungi 3 kota yaitu Tokyo, Nara dan Osaka. Jika ingin tahu lebih mendetail kegiatan JOC Goes to Japan 2 seperti apa, bisa dilihat dan dibaca di Fanpage Facebook Jakarta Osoji Club atau di akun Twitter @JKT_OsojiClub.

WhatsApp-Image-20160712(3)

Para anggota berfoto dengan papan slogan Malu Buang Sampah Sembarangan

WhatsApp-Image-20160712(4)

Setelah kegiatan petik sampah melakukan foto bersama Ashida San dan Tsukamoto San

Kegiatan selesai pada pukul sepuluh pagi, sebelum pulang semua yang datang untuk petik sampah berfoto bersama Ashida San dan Tsukamoto San.

Mari kita wujudkan impian Indonesia untuk Indonesia Bebas Sampah 2020, tentu nya ini merupakan tanggung jawab kita semua. Mari dimulai dari diri sendiri, dengan tidak membuang sampah sembarangan ya..

Meidiana

Komentar

BACA ARTIKEL LAINNYA

One thought on “Wujudkan Kota Jakarta yang bersih, bersama Jakarta Osoji Club

Tinggalkan Balasan